Kiper-Kiper Unik di Piala Dunia

Di edisi piala dunia kali ini, kita akan coba membahas yang berhubungan dengan sepakbola. Salah satu yang terpenting dalam sebuah tim, adalah kiper. Tanpa kiper yang mumpuni, tentu pertahanan tim akan mudah terbobol oleh lawan. Untuk itu, saya akan mencoba menjabarkan deretan kiper-kiper yang mempunyai ciri khas selama Piala Dunia terselenggara.


1) Lev Yashin-Uni Soviet (Kiper tertinggi, 189 cm)
Lev adalah salah satu pemain terbaik dunia yang dimiliki Uni Soviet. MEmpunyai ciri khas selalu memakai baju hitam ketika bermain. Ia memiliki refleks yang bagus dan cepat saat menepis bola. Selama berkarir dalam sepak bola, dia juga banyak memenangkan piala. Ia juga telah menepis lebih dari 150 tendangan penalti. Namun, pada tahun 1986 ia mengalami hal yang tragis. Cedera lutut kaki kanannya yang sangat parah, membuat dokter terpaksa mengamputasi kakinya dan empat tahun kemudian ia meninggal setelah mengalami komplikasi dalam pembedahan. Ia juga pernah dimainkan saat laga melawan indonesia di Olimpiade merlboune dan menghadapi ketangkasan Ramang. Ia bermain untuk piala dunia 1958,1962,1966

2) Jorge Campos-Meksiko (Kiper Terpendek, 168 cm)

Jorge campos, merupakan kiper terpendek selama Piala dunia digelar. Ia memulai debutnya bersama meksiko pada Pentas sepakbola sejagat 1994 di Amerika. Selain menjadi yang terpendek, ia juga mempunya ciri khas baju warna warni dalam setiap penampilannya. Bersama timnas meksiko, ia sudah mengemas 30 caps. Ia juga dikenal amat berani dalam mengantisipasi bola dan menghadang lawan. Bahkan dalam beberapa laga, ia tak segan untuk maju ke hadapan gawang lawan.






3) Kazadi Mwamba-Zaire (Kiper tercepat kebobolan, 3 goal dalam 20 menit)
Kiper asal zaire ini, termasuk kiper yang cukup fenomenal. Ia merupakan kiper pertama yang diganti bukan karena cedera, saat melakoni laga melawan Yugoslavia pada PD 1974 dan berkesudahan dengan skor 9-0 untuk Yugoslavia. Pada tahun 2000, dia mendapatkan penghargaan kiper terbaik sepanjang masa di Zaire.







4) Rene Higuita- Kolombia (Kiper ternyentrik, penyelamatan gaya kalajengking)

Higuita dikenal sebagai kiper yang 'beresiko'. Dalam sejumlah laga, tak jarang dia meninggalkan gawang, maju ke tengah lapangan, dan ikut bermain bola. Namanya sempat disebut dalam penculikan bos mafia narkoba Pablo Escobar in 1993 . Namanya melambung, setelah beberapa kali menyelamatkan dengan gaya kalajengking

5) Carlos Kameni-Kamerun (Kiper Termuda, 19 Tahun)
Pemain Kamerun ini sudah go international dengan bermain di Olimpiade tahun 2000 di usia belia, 17 tahun. Pada tahun 2002, dia dipanggil ke Timnas untuk berlaga di PD Korea-Jepang. Kameni dikenal dengan reflek dan kemampuan atletis dan elastisitasnya yang indah. Namun, dia pun seorang yang tak bisa ditebak dan cenderung blunder.
 

6) Dino Zoff- Italia (Kiper Kapten Tertua, 41 Tahun)
Dia merupakan kiper legendaris italia. Menjadi Kiper tertua dan menjadi kapten saat Italia Juara PD 1982. . Ia mempertahankan rekor terlama tanpa kebobolan dalam turnamen internasional (1142 menit) antara 1972 dan 1974. Ia juga masih memegang rekor kiper terlama untuk Italia, sebelum dipatahkan oleh Buffon.

7) Oliver Kahn-Jerman (Kiper Tergalak)
Wajah sangar oliver kahn, ternyata berbanding lurus dengan temperamentalnya. Ia pernah mendapat kartu Merah saat membela Jerman di PD tahun 2002. Meskipun demikian, kemampuannya sebagai jenderal pertahanan jerman ketika itu membuat Jerman cukup disegani oleh lawan-lawannya.


Ya, mungkin segitu saja ulasan kali ini. lain kali kita akan membahas hal lainnya berhubungan dengan sepak bola. :) see u

Komentar

Postingan Populer