Maaf Kupang, Aku Pulang

Beberapa tulisan yang lalu , saya menuliskan kegelisahan saya mengenai perkembangan dalam masa orientasi kerja (baca: training) di Semen Merah Putih. Masalahnya adalah ketika hampir saya dan beberapa kawan sesama peserta training 'digantung' mengenai kepulangan kami. Berdasarkan kontrak yang saya tanda tangani, masa training di kota kupang hanya 2 bulan. Namun kenyataan aktual, sudah hampir 4 bulan kami disana. Beruntung, momen tersebut saya maksimalkan untuk bersilaturahmi ke kawan-Kawan HMI di Kupang dan Ende. Jadi, rasa jenuh mulai terkayuh berganti semangat untuk terus berpeluh.

Singkat cerita, waktu yang kami tunggu pun tiba. Kami pulang ke pulau Jawa. Sungguh senang nian hati saya mendengarnya. Pasalnya. Sudah hampir 4 bulan saya belum.bersua dengan orang-orang yang saya cintai. Secara pribadi, saya merasa benar-benar baru merasakan manfaat petuah dari orangtua (terutama papa) di sini. Saya hampit saja mau minggat (baca: izin pulang) di akhir tahun ini. Sayang, niat ini saya urungkan akibat pertimbangan orangtua bahkan cenderung kurang direstui. Nihil bila kita memaksakan kehendak, tanpa restu beliau.

Kepulangan saya ini pun sampai tibanya saya didepan beliau pun, amat dirahasiakan. Saya tak mau membuat mereka khawatir. Namun, adik saya beritahu perihal ini. Tujuannya, agar salah seorang keluarga mengetahui bahwa saya bakal 'go to home'.

Saya memang bakal menuju 'kandang' saya. Tapi meninggalkan kupang, seolah meninggalkan kenangan yang amat mendalam. Terutama banyak hal yang jarang terjadi dalam kehidupan pribadi saya, termasuk bersilaturahmi dengan manusia-manusia baru. Disini lah saya belajar untuk tegar, disini lah juga belajar untuk terus menggali pengetahuan. Disini juga belajar mengelola emosional, attitude serta pikiran. Juga bunga bunga kerinduan yang kadang menghinggapi dalam keheningan malam. Intinya saya mulai merasa kupang adalah 'kandang' kedua dalam kehidupan saya. Tapi maaf kupang, aku harus pulang. Dan aku akan berjanji, akan kembali :pulang' ke kupang. Ya, suatu saat nanti :)

Komentar

Postingan Populer