Ende, permata di tengah flores (Reportase)

Me and Gunung Meja
Jika anda merasa jenuh  akan aktivitas sehari-hari, berwisata ke kota Ende bisa menjadi alternatif pilihan untuk menyegarkan kembali pikiran dan semangat anda. Sebagai kota yang berada di jantung pulau Flores, Ende memiliki berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Danau kelimutu adalah salah satunya. Danau yang berada di kawasan taman nasional Kelimutu ini, mempunyai keindahan alam yang menawan. Tak heran bila banyak turis lokal bahkan internasional, hadir menginjakkan kaki disini. Umumnya wisatawan ingin mengabadikan diri mereka ditengah kemilau warna kawah tiga warna Kelimutu yang magis, sembari menikmani panorama alam Kelimutu yang masih eksotis.




Untuk mencapai danau Kelimutu, kita harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Ende menggunakan transportasi seperti mobil travel sewaan atau motor. Lamanya waktu tempuh tidak  terasa, sebab selama perjalanan kita akan disuguhi hamparan pemandangan yang menambah decak kagum setiap mata yang memandang. Gugusan bukit pegunungan asri nan hijau, seolah menjadi pelepas penat dan kebosanan yang menyertai perjalanan menuju Kelimutu.

Selain danau Kelimutu, Ende juga memiliki wisata lain. Kampung adat Wologai misalnya, masih memegang teguh adat istiadat serta bangunan rumah asli suku Lio (Suku yang mendiami sekitar kawasan Kelimutu dan menilai sakral daerah tersebut,pen) . Begitupula dengan pantai Penggajawa yang memiliki tebaran batu bewarna di sekitar pantainya. Ada juga rumah pengasingan Bung Karno selama masa penjajahan, serta benteng peninggalan Portugis di Pulau Ende. Ragamnya destinasi wisata tersebut, bisa menjadi penambah semangat dalam beraktivitas kembali di hari-hari selanjutnya. So, tunggu apalagi?

Komentar

Postingan Populer