Jenuh? Harus diatasi !

Kejenuhan pastilah pernah menimpa kita semua,dalam suatu masa.Terkadang pula,rasa jenuh itu membuat aktivitas kita terkontaminasi dalam rasa itu. Moody, itulah sebutan bagi rasa jenuh yang dapat menkontaminasi aktivitas kita.Tapi,apakah benar rasa jenuh itu hadir dengan sendirinya? Jawabannya,TIDAK!.

Rasa jenuh itu sebenarnya dihasilkan oleh kita sendiri,baik hati,pikiran atau pergerakan.Aktivitas hati kita,apabila tanpa difikirkan terlebih dahulu,akan menyebabkan rasa jenuh di hati.Ujung-ujungnya,muncul rasa Iri,dengki,dendam lama,dll. Akibatnya,pergerakan kita justru lebih banyak negatif nya. Walhasil,muncullah banyak masalah yang tak kita kira,dan memperburuk keadaan kita.
Berikut tips untuk mengatasi kejenuhan:

1)Bersikaplah wajar
sikap wajar akan membuat kita tak akan terlalu "ngotot" dalam menghadapi kehidupan ini. karena kadang kita ngotot gak jelas, pada akhir nya kecewa di akhir. Rasa kecewa inilah yang membuat kita akhirnya jenuh terhadap aktivitas yang telah kita lewati.

2) Think Positif
Selalu ambil hikmah terhadap apa yang telah kita lalui selama ini. Ingat Allah pasti punya rencana yang baik untuk kita. Meskipun kita jarang (bahkan tidak) menyadarinya. Berfikir positif akan menjadikan diri kita lebih terbuka terhadap aktivitas baru.

3) Menyibukkan diri dengan kegiatan baru
Kejenuhan terjadi, biasanya karena kita melakukan hal yang itu-itu saja. Tanpa ada perubahan yang berarti, aktivitas yang berulangkali, (biasanya) menjadikan kita bosan dan ingin melakukan hal yang baru. Tak ada yang salah dari keinginan kita tersebut. Yang harus kita lakukan adalah membebaskan keinginan itu dan mewujudkannya dalam bentuk yang positif. Misalnya, kita bosan dengan aktivitas kuliah/kantor, maka terkadang kita perlu refresing dari aktivitas itu untuk travelling atau sekadar rekreasi. Bisa juga melakukan hal-hal yang sudah lama tidak kita lakukan (main band, nonton bareng gebetan,blogging, dsb). Bila kegiatan tersebut tidak dapat terlaksana, maka yang perlu kita lakukan adalah menjadikan aktivitas kita dengan cara yang berbeda. Misalnya, pegawai kantoran yang berangkat naik mobil pribadi/angkutan umum, bisa sekali-kali jalan kaki ke kantor atau naik sepeda :-)

Yap, mungkin itu saja yang bisa saya share. Semoga bermanfaat :-)

(NB: Tulisan ini dibuat untuk yang merasakan kejenuhan yang saya alami selama ini :-D )

Komentar

Postingan Populer